Cara Membuat Screenshot Codingan Jadi Lebih Keren - Suka Code


Bagi kalian yang memiliki keseharian berkemelut dalam dunia IT tentu tidak lepas dari yang namanya Coding.

Ada kalanya suatu pekerjaan atau tugas memerlukan dokumentasi untuk memenuhi kriteria yang ada dengan melakukan pencetakan gambar, supaya dapat diteliti dan dikoreksi.

Banyak orang lebih senang untuk melakukan printscreen Source Code langsung pada komputernya, padahal cara itu sangat ribet dan gambar yang dihasilkan belum tentu pas.

Ketika Source Code berjumlah banyak tidak pas 1 tangkapan layar pasti ini sangatlah merepotkan karena penempatan posisi printscreen harus presisi, juga hasil dari printscreen tadi yang tertangkap bukan hanya codingannya saja melainkan semua yang ada pada layar, tentu akan mengganggu keindahan sebuah Source Code.

Maka dari itu Motubahlog akan memberikan trik sederhana supaya gambar codingan kita jauh lebih bagus dan pasti enak dipandang, caranya ialah menggunakan CARBON.

Website Carbon.now.sh merupakan website tool yang sangat unik dan berguna, kita hanya cukup paste kodingan kedalam website tersebut lalu gambar secara otomatis akan terdownload. Kualitas gambar hasil dari website Carbon bukan kaleng-kaleng bisa 1x, 2x bahkan 4x (sangat tajam).

Walaupun hanya menyalin dan menempelnya di Carbon.now.sh, kita harus mengaturnya terlebih dahulu supaya gambar benar-benar bagus, dengan gambar yang bagus setidaknya meningkatkan minat seseorang untuk melihatnya, karena yang namanya koding berisi huruf-huruf dan tanda-tanda yang jarang digunakan pada umumnya.

Langkah-langkah cara mempercantik codingan.

Langkah 1 : Pertama kalian siapkan dulu codingan kalian masing-masing.

Langkah 2 : Buka website https://carbon.now.sh/


Langkah 3 : Pastekan codingan kalian.


Langkah 4 : Setelah itu kalian klik "Seti", lalu kalian ubah warna tema font nya dan pilih sesuka kalian.


Langkah 5 : Lalu setelah kalian ubah "Seti", lalu ubah format nama bahasa pemrograman nya, berhubung disini saya menggunakan PHP yasudah saya pilih PHP.


Langkah 6 : Disini saya mau ganti background, kalian tinggal klik warna background dan ganti selera kalian masing-masing.


Langkah 7 : Setelah kalian mengganti background, disini saya mau agar ada number line nya. Cara nya kalian klik icon "setting", lalu klik editor dan klik "Line Numbers".


Langkah 8 : Kalau sudah semua kalian klik Export pilih 1x/2x/4x sesuai selera.


Hasil nya :


Bagaimana bagus sekali bukan? dengan begini Dokumentasi Source Code kalian menjadi sangat menarik untuk dilihat, kalau Source Code sembarangan di PrintScreen pasti hasilnya berantakan dan tidak jelas bagian setiap fungsi codingannya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Screenshot Codingan Jadi Lebih Keren - Suka Code"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel